Hidup Ala Ruwet

42 Comments
Tags: , , , , , ,
Posted 16 Aug 2006 in Bumbu Urip

Sebagai ‘wong jowo’, simbah merasakan betul betapa yang namanya adat terkadang mbikin hidup tambah ruwet. Mungkin tadinya bermaksud baik, namun seiring bergesernya waktu, adat yang tadinya terlihat adiluhung, malah terasa menyesakkan hidup. Apalagi kalo diembel-embeli keyakinan.

Simbah gak begitu tahu banyak adat-adat apa yang harus dilalui seumur hidup manusia. Namun yang sedikit simbah ketahui saja sudah cukup merepotkan manusia. Di sini simbah kutipkan sedikit.

FASE KEHAMILAN

Fase ini harus dilalui dengan banyak berpantang. Wong jowo nyebut “ra ilok”, wong sunda bilang “pamali” atau pantangan yang gak pantes dilakukan. Misalnya :

  • pas hamil kalo ngidam harus dituruti, biar anaknya gak ngileran atau ngecesan
  • kenthut jangan kenceng2, biar anaknya gak dobolen
  • makan jangan glegeken (sendawa), biar anaknya gak buncit perutnya
  • kalo lihat orang cacat harus bilang “amit-amit jabang bayi”, biar anaknya tidak lahir cacat
  • gak boleh makan ikan mujahir, biar anaknya nggak ndoweh wal ndawir ataupun mencos
  • gak boleh nyembelih binatang, takut anaknya lahir kehilangan organ tubuh….. dlsb

Ada juga upacara mitoni. Jangan sangka ini upacara nyembelih ular piton… bukan. Ini upacara menyambut usia kehamilan bulan ke tujuh.

FASE KELAHIRAN SAMPAI PERNIKAHAN

Begitu lahir ceprot, ada upacara nanam ari-ari. Bayi laki ari2nya ditanam di samping kanan rumah, bayi perempuan di samping kiri rumah. Sambil dipasangi lampu teplok.
Lima hari kemudian “sepasaran bayi”. Lalu tiap selapan (35 hari) dibancaki. Bancakan weton namanya. Dulu menunya nasi urap (gudhangan) plus telor dibagi enambelas. Jan nyamleng tenan. Ini masih ditambahi tiap tahun diulang-tahuni. Ritual yang melelahkan.

Kadang yang gak punya duit direwangi ngutang ngalor ngidul. Mbayarnya ngetan ngulon… Sampe ada yang kado ulang tahunnya sebuah Tower…. weh, sugeh mblegedhu. Jebul bapaknya korupsi. Nah saat bisa jalan pun ada upacara “Tedhak Sinten”, yakni syukuran si anak bisa napak jalan. Mungkin orangtuanya khawatir, anaknya jalan gak ngambah lemah, kayak kuntilanak saja.

Nah begitu puber, mulailah ritual dewasa. Yang pertama latihan bermuka dua dengan pacaran. Muka dua? Lha iya… jika didepan pacar, semua diperlihatkan yang manis-manis dan bagus2. Meludah yang sopan, wahing diempet, angop ditutupi, kenthut dikempit… wah teori John Robert Power dijalani semuah. Begitu di rumah ida-idu hoak-hoek, wahing gebras-gebres, angop ngowoh, ngenthut brat-brot sak ampase. Konangan setelah jadi suami isteri.

Trus mulailah ritual lamaran, tukar cincin dengan sederet upacaranya. Nah memasuki pernikahan, adat yang harus dilaksanakan sak tumpuk. Apalagi orangjawa paling seneng dengan yang namanya “pepindhan’ alias perlambang.
Maka dipasangilah saat upacara pernikahan pohon tebu. Maksudnya biar manteb di kalbu. Ada juga Cengkir, agar kenceng anggone mikir. Trus ada upacara sawat-sawatan (saling melempar) daun sirih sambil ketawa-ketawi. Padahal boleh jadi setahun kemudian itu daun sirih diganti batako, sambil saling pisuh-pisuhan suami isteri. Lalu tidak lupa ritual nginjek telur.

Di belakang upacara itu, sang pawang hujan sibuk komat-kamit nolak hujan biar tamunya banyak yang datang. Salah satu cara nolak hujan yang konon katanya manjur adalah dengan melempar celana dalam sang penganten perempuan ke atas genting rumah. Weleh… Belum lagi di dapur mbah dukun sibuk nyajeni pawon (tungku api), kalo sekarang kompor. Katanya biar panas apinya. Kalo kurang sajen dan apinya gak panas, masakannya lama matengnya. Keburu tamunya gumruduk pada ngumpul kleleran belum disuguh. Hayyah… api kok kurang panas… mbok dinyunyukne bathuke mbah dukune ben kroso.

Semua dijalani dengan penuh keruwetan. Lebih terasa ruwet saat dijalani oleh orang dengan aktifitas penuh kesibukan seperti sekarang.

Simbah bukan orang yang anti dengan adat istiadat. Namun adat yang berbau klenik dan tidak mendidik hendaknya dieliminir saja. Adat yang bagus dan mengandung norma yang membangun harus dilestarikan. Apalagi adat yang membuat hidup mudah… itulah yang dimangsud …”yuriidullohu bikumul yusro, walaa yuriidu bikumul ‘usro..” (Allah menghendaki kemudahan buat kalian, dan tidak menghendaki kesukaran atas kalian).

Besok kita bahas matinya….ala ruwet…

Yang Membantu Simbah

The Best Query for the Content


38 Comments

  1. pertama….
    maap yach mbah dr. komen nya segini aja dlo soalnya lagi buru2 neeh

    Reply
  2. koeaing!

    mbah koweorang mbikin ik kemekelen sampe itoe boker di tjlana poen, itoe iang mitoni poen……hahahaahahahahaha..! maimangnjah ada oknuumbaroe klinthing di sitoe poen ? hahahahahahahahaahndjiiiieng…! Maap mbah misoeh ik poen…..koerang poewas itoe djikalaw tijada make pisoehan….

    Reply
  3. oón

    kan memang prinsip hidup orang kita kebanyakan “kalo bisa susah ngapain dibikin gampang mbah!” trus biar mati yang penting bisa jaga gengsi kali ye xixixi….stress beratz

    Reply
  4. Mbah, yang didaftar pada fase kehamilan itu mah bukan adat tapi tahayul dulkeyul ajaran tuyul. Yang termasuk adat jawa yang nrepoti itu misalnya ngapat dan mitoni.

    Waktu istri Kang Kombor hamil dulu nggak pake ngapat dan mitoni. Ternyata sampai saiki juga sehat wal afiat.

    Reply
  5. joko

    Mbah, aku kie yo kadang2 merasa males karo adat jowo sing rumit banget dan banyak bertentangan dengan Islam. Apalagi yang berbau dengan 7-1000 hari itu. Ning keluargaku jare iseh darah biru(nyatane getihku abang kie) nah dinamaku pake embel2 R (koyo seri montor wae, sesuk anaku tak tambahi 125cc) gitu tapi aku males banget dadine antara ning ijazah ro ning KTP bedho. Keluargaku itu lho masih kejawaan dan memegang hukum “ora ilok” kalo kutanya kenapa kok “ora ilok” selalu dijawab dengan marah “ora ilok yo ora ilok….rasah takon takon!!!!!” walaupun begitu saya sudah berusaha mengeluarkan pendapat saya tentang adat jawa sedikit demi sedikit disaat bersama2 membaca koran, majalah atau atau nonton TV. Yang pasti mereka sedikit2 sudah bisa mengerti. Alhamdulillah.

    Reply
  6. riend

    aku mau tanya deh…emang bener ya kalau ada acara lamaran, utk yg belum menikah tidak boleh ikut datang ke acara tsb?

    Mbahmu : wah… boleh saja. Malah justru buat pengalaman, gimana tho yang namanya lamaran itu, gak ada itu yang namanya pantangan.. :) 

    Reply
  7. Mbah Gambleh

    He, he jadi inget. Yen mitoni sing hamil dikon ganti jarik ping pitu. Ganti ping pisan Mbah dukune takon karo pengunjung “Sampun pantes nopo dereng…?” pengunjung njawab “Dereng …?” Ganti sing ping pitu lagi dijawab “Sampun…!”. Lha koq suatu saat kangmasku menghadiri wong mitoni. Lagi ganti kaping pisan masku sengojo njawab “Sampunnn..!” Ha yo dipisuhi wong sak kampung akhire.

    Jangan2 ritual iku mung arep ngetok ke yen mereka punya cukup banyak jarik bagus yo? Hussy, ojo su’uddzon ! (Tulisane su’uddzon bener pora to Mbah?).

    Reply
  8. ulil

    mbah gimana klo proses upacara sepasaran klo bisa djawab cpet tgs skul sich makasih

    Mbahmu : itu adat jawa, bukan ajaran Islam. Islam mengajarkan bukan sepasar, tapi hari ke 7, yakni dengan aqiqah… :)

    Reply
    • fizzahrah

      Kok kewalik, la mriki sing tiyang jowo, islampula urip neng paran, malah pengen ajar jawa tenan. tibakne, miturut kawruh kulo sak bare nyinau kabudayaan india, jawa iku angayomi kabudayaan ingkang luhur, budi pekerti ingkang sae, buktinipun islam lan kristen di tampi kanthi ikhlas, mboten wonten masalah. La islam kok dadi kurang maternuwun marang sing luwih sepuh kanthi pituturan : jawa abangan, jawa puritan. Miturut kulo pribadi, ingkang langkung sepuh niku temen gadhah kawruh kangwicksono.
      Menopo awakke dhewe niki sampun sinau kanti pener napa pripun kok saged ngendika mekaten nggeh?

      Mbahmu : Kebudayaan itu kan asal katanya dari kata budi dan daya. Intinya itu dibentuk dan dibuat oleh manusia. Maka selama masih kreasi manusia ya tentu saja ada kelemahannya. Sedangkan agama itu bukan produk budaya. Justru AGAMA itu PRODUSEN kebudayaan. Agama itu dari Sang Pencipta. Dijamin sempurna… maka yang namanya BUDAYA yang sekedar bikinan manusia ya harus tunduk pada agama. Jadi tidak berlaku senioritas disini. Islam tak perlu berterimakasih pada siapapun. Justru umat manusia harus berterimakasih kepada ISLAM apapun etnisnya. ISLAM itu ya’lu wa laa yu’laa alaihi. Tinggi dan tidak ada yang lebih tinggi darinya…. :)

      Reply
      • Ya itulah ciri2 orang atau golongan yang tidak tau berterima kasih sudah diberi tempat di Nusantara untuk mengembangkan diri malah kebudayaan lokal diinjak2 dibilang syirik , musrik dll, dan mengagung2 kan diri seolah – olah dia yang paling benar dan berasal dari langit sebenarnya kalau ditelusuri cuma buatan manusia saja hanya diputar balikkan saja supaya seolah2 berasal dari langit.

        Reply
        • Nggih nuwun sewu, sampeyan komen salah kamar. Ini tulisan memang buat mereka yang yakin bahwa agama yang Turun dari Allah itu memang ada. Lha kalo sampeyan dasarnya gak percaya kalo ada agama yang aturannya dibuat Allah ya jangan banyak komentar lah. Mungkin sampeyan lebih percaya wangsit. Padahal pada ajaran yang sampeyan sebut budaya lokal itu lebih banyak unsur absurdnya daripada agama yang sampeyan anggap hanya bikinan manusia. Herannya sampeyan lebih yakin pada yang begituan…

          Coba baca paragraf demi paragraf, mana tulisan yang anda pandang mengagungkan diri seolah-olah yang paling benar… Atau sampeyan tidak membaca paragraf terakhir… Atau tidak membaca sama sekali..??

          Reply
  9. sugeng enjng mbah , dalem bade urun rembuk sekedhik mawon
    menawi woten tiyang ingkang boten pitados kaliyan adat sak kersane piyambakipun naming dalem nyuwun ampun ngantos kocrah ingkang tasih pitados kaliyan adat dalem injih tasih pitados kok dalem saking solo , dalem sekeluargo tasih nglampahi adat solo matur nuwun mbah

    Mbahmu : setuju. Tapi cobi mang pirsani wonten lapangan, kathah generasi mudo “terpaksa” nglakoni gugon tuhon adat ingkang sejatosipun deweke piyambak mboten pitados, amargi dipekso kaliyan tiyang sepuhipun. Dados ingkang nyebabkaken ‘kocrah’ (?) meniko amargi memaksakan adat dumateng ingkang sampun mboten pitados. Tiyang ingkang mboten pitados, simbah kok dereng nate mireng kabar mekso tiyang supados mboten pitados…

    Reply
  10. djendari

    mbah….saya skrang lg hamil 7 bulan! saya pernah kesel sama suami saya!karena suami saya klo lg brantem selalu bilang saya bloon! sampai saya bialng kesuami saya klo anaknya lahir bloon jangan salahain saya ! saya merasa ngga enak hati sekali! saya malah takut anak saya kenapa-kenapa nanti pas lahir! tolong tenangin saya dong! saya dah minta maaf sama ALLAH, saya dah ngomong kaya begitu! tapi masih belum tenang!hatur nuwun ya…:((

    Reply
  11. larasati

    Assalamu’alaikum wr. wb

    Saya sangat prihatin dengan anda , semakin banyak orang2 seperti anda semakin punah adat jawa.
    anda juga kan tinggal di tanah jawa ! kok malah ora Njawani !.. kalo memang merasa adat jawa itu ruwet. takhyul.. kenapa nggak pindah ke tanah suci Mekkah !

    tolong hormati adat jawa… adat jawa itu bukan tahyul, itu hanya sebatas perlambang doa kepada Allah SWT.

    tentu saja Al Qur’an tidak mengenal adat jawa, karena Al qur’an turun di kota Mekkah.
    kalau turun di tanah jawa beda lagi ceritanya !

    Kenapa Al Qur’an turun di kota Mekkah ? kenapa nggak di tanah jawa saja ?

    karena awal kerusakan moral paling parah ada disana maka itu Allah menurunkan AlQur’an di kota Mekkah.

    Banyak falsafah Jawa tentang unggah ungguh, budi pekerti, nilai2 luhur tentang kehidupan juga patut kita contoh.
    Tentunya sebagai muslim yang utama sumber nya adalah Alqur’an.

    Tidak sepantas nya anda menghina seperti itu, merendahkan budaya jawa. seakan2 budaya jawa itu ruwet, susah, menyulitkan, dan lain2

    kenapa indonesia terpuruk ?
    karena sudah banyak orang meninggalkan Falsafah Jawa yang mengandung nilai2 hidup yg luhur.

    Kenapa semakin berkembangnya Islam di Indonesia semakin terpuruk? rasa nasionalisme yang hilang, lingkungan rusak, hutan habis ditebang .

    Hormatilah budaya jawa, jangan melecehkan begitu saja ! apabila ada orang yang melecehkan agama anda tentu nya anda akan tidak setuju !!

    Wassalamu’alaikum wr wb

    Reply
    • wa’alaikumsalam wr wb.

      Budhe..budhe.. mbok kalo mbaca itu jangan sepotong doang. Mbok coba dipenthelengi alinea terakhir itu. Ha wong sampeyan mesti kantoran juga nggak pake gelungan plus pake cunduk mentul plus jarikan. Kecuali hari Kartini temtunya.

      Indonesia terpuruk karena ninggal adat jawa..??? Ntar dulu tho.. ketemu pirang perkoro ini?

      Dengan berkembangnya Islam Indonesia makin terpuruk… ?? wah, sansoyo ndodro.. Lha sampeyan mergo merem mbaca alinea terakhir kok jadi mbikin kesimpulan berbau arak gini gimana tho budhe?

      Lha sampeyan mau klenikan yo silakan. Saya nolak klenikan ya hak saya. Nulis ini juga bagian dari ekspresi saya. Kalo mau nanggapi ya tanggapi saja. Tapi jangan trus mbikin kesimpulan bahwa Islam menyebabkan keterpurukan Indonesia, dan adat jawa bikin jaya…. Apalagi menyimpulkan Al Qur’an turun buat memperbaiki masyarakat Arab yang rusak. Wah keblinger itu, al Qur’an itu turun buat menungsa sak jagad abuh. Cuma lokasi pendaratannya ya di Arab. Jadi jaman sebelum Al Qur’an itu turun, yang rusak bukan orang arab thok. Wong Jowo ya rusak sak pole.. Makaten.

      Saran saya, coba baca lagi postingan di atas. Trus lihat realita di masyarakat. Selamat mencoba… :)

      Reply
  12. iteuNk

    :(( gaik,,,gaik,,,hiks.!!
    mbah……..ora ngerti wis gnti bhasanya gx pake bahasa jowo.but bhasa sunda or indonesia…muhun mbah???^:)^ tolong y mbah…soale ibuku lgi hamil,,,so we need informations too,,,;;)

    Reply
  13. adadeh

    :d/ kacian deh si Mbah dimalahi…..

    Mantap…keep dakwah Mbah jangan mundur….dai pantang nyerah

    :)>-

    Reply
  14. gogon_tanpa-narkoba

    Kula nggih mathuk kaliyan kojahe simbah…
    Kula nggih wong Jawa, nanging ngakoni mboten sedaya kabudayan (naluri) Jawa perlu dilestarekaken.
    Pilih-pilih kanthi pilah-pilah….
    Maju terus….

    Reply
  15. gogon_tanpa-narkoba

    :-? Kula setuju mbah……
    Mboten sedaya kabudayan (kebiasaan) jawa kudu diteruske…
    Pilih-pilih kanthi pilah-pilah….
    Nuwun……

    Reply
  16. wuaduh… cukup ruwet mbah

    Reply
  17. some1

    biarpun sy g ngerti bhsa n adat jawa tp sy tertarik bgt wkt bc tulisan mbah…jowo bgt plus gokil abis….. ampe bkin saya cekikikan sndri wktu bcnya….wduh…jd takut dikira org sinting neh…..

    Reply
  18. no name

    bener..
    setuju sm simbah
    si budhe alias mbokdhe kok jd senewen sndr gitu..

    nambahin mbah, bener kita musti pinter2 milih budaya
    yg gak masuk akal ya gk usah ikut dilakoni
    simbah say..: gak ada manpangatnya

    indonesia terpuruk krn justru mbokdhe2 n pakdhe2 yg gk bs milah2 budaya. gk sempet buat melakukan sesuatu yg bisa memajukan bangsa.
    smuanya dianut, diikuti,dilakoni, bahkan ketakutan nek sampe gk nglakoni ato ada yg kliwatan, bukannya takut sm yg diatas.

    drpd buang2 wkt, tenaga dan materi buat klenak-klenik gitu, mending kita ngelakuin sesuatu yg bermanpaat, dan aman tentunya serta yg memang ada landasan ilmunya (krn dimana2, kl kita pengen maju itu kan musti pny ilmu. Allah aja menyuruh kita buat menuntut ilmu setinggi2nya)(btw,nyambung g to?? :-? ) Lha kl tnpa landasan yg jelas, trs nek gk bermanpangat tp malah mmBahayakan piye jal??
    lha wong pakdhe-budhe yg klenikan itu jg malah gk sempet inget sama yg diatas saking sibuknya klenak-klenik kok (iya toh)

    ckckck..pantes aja kl skrg byk aliran2 gk jls pating njedhul
    memang byk orang2 yg g paham bener tentang sesuatu alias cm setengah2 aja.

    eniwei..serasa blok nya berubah, yg tdnya ngomongin medis, mlh jd ngomongin agama n budaya
    tapi ya..saya paham,kl udah masuk dunia medis ini,,mata kita memang jd terbuka lebar
    dulunya saya jg msh percaya sm beberapa adat kyk gt,tp stlh sdkt demi sdkt bljr medis,akhirnya saya paham, kl sbnrnya smuanya itu tergantung sama usaha kita, perilaku kita dan menyerahkan smuanya sama yg diatas.krn wlpn kita nglakuin segala macem adat itu,bahkan dg sempurna tnpa ada yg kurang, tetep aja kl tuhan berkehendak lain,maka terjadilah.
    betul mbah..??

    betewe lagi, simbah produktif banged ya..
    udh mo nambah anak lagiii…. smoga manusia kecil itu bisa bermanfaat jg bagi byk orang spt ’simbah’nya, eh ayahnya mksdnya
    :d/

    Reply
  19. waduh simbah bener juga ya heheheh enggal simbah kelanjutane niki wayah pun mboten sabar bade maca karyanipun simbah

    Reply
  20. ki samin

    ngger, ngger…. aja pada padudon, ya ngger !!!!!!
    agama jangan dibandingkan dengan budaya, ora ilok.
    nek arep mbandingke, ya agama karo agama. budaya karo budaya.
    contone : agama islam dibandingke karo agama kristen, hindu, budha, sintho dan sebagainya. sing bener kuwi mung siji
    budaya dibandingke karo budaya liyane, apik sing endi diikuti mangga, tidak ya tidak apa2:-? budaya budi daya akal manusia, kalau mengganggu orang lain yo, dipenyak manungsa. yang diikuti yang baik2 saja.

    Reply
  21. macros

    mbah mohon ijin posting lagi ya

    Reply
  22. ArekJowo

    Mbak Larasati, memang begitulah adanya. Kalau sudah merasa paling bener, pasang kacamata kuda, maaf, repot. Apalagi kalau sudak ‘Pokoke ….
    Mungkin Anda tidak pas di blog ini. Tetapi saling mengingatkan itu perlu. Jadi tetaplah komen, setidak apa yang ada dibenak Mbak dibaca orang lain termasuk saya (Saya cenderung sepaham dengan faham “Islam Yes Budaya Arab No); polemik Budaya Dan Agama gak akan pernah habis. Percayalah Mbak sabar pahalanya seluas langit dan bumi …. katanya lho.
    Mbah saat ini Islam tidak terpuruk ? Siapa yang Kaya Raya Adidaya, Pandai dan Smart saat ini, orang ‘Kafir! . Berapa aliran Islam saat ini, Syiah – Sunni, NU – Muhammadiah dst dst, berapa organisasi Islam saat ini? Siapa yang beratem terus tentang berbagai hal, tetek bengek mulai dari terbit bulan mulai puasa sejak sebelum kemerdekaan sampai saat ini (perbedaan adalah rahmat sebagai excuse), syariat, akidah dst dst. Dimana cendekiawan muslim? Pilpres yang menonjol dari ex ABRI.
    Maaf Mbah, kalau Mbah menjawab masalah dengan mengutip dari Kitab Suci, maka diskusi selesai stop.
    Maaf sekali lagi, karena HAL TSB saya c3nderung berpendapat bahwa Agama menjawab permasalahan tetapi tidak memberikan penjelasan karena dianggap final. Mohon de3ngan sangat, jika masih ada sedikit ‘kebebasan untuk menalar’ kiranya kita masih bisa bertukar pikiran ……[-(

    Mbah Dipo : Lama-lama saya jadi tahu typikal komen sampeyan. Satu kata : Kontradiktif. Coba sampeyan perhatikan lagi isi tulisan saya, saya menganjurkan meninggalkan keklenikan yang membodohkan, mitos yang menginjak-injak akal sehat, yang kesemuanya itu sudah ditinggalkan oleh bangsa barat yang sampeyan agung-agungkan itu.

    Namun tiba-tiba sampeyan membabibuta membela segala keklenikan dan mitos yang merongrong rasa rasionalitas dengan alasan budaya, dan menunjukkan betapa bangsa barat lebih maju dan adikuasa- padahal justru perlu sampeyan tahu- mereka itu maju karena mau meninggalkan segala klenik, mitos dan bla-bla-bla hocus-pocus yang membelenggu kemajuan. Trus tiba-tiba umat Islam yang menentang keklenikan ini sampeyan bantah dengan menyebut perpecahan umat macam syiah, sunni, NU, Muhammadiyah dlsb yg tak ada korelasinya dengan topik.

    Alangkah amburadulnya konsep berpikir sampeyan.
    Sampeyan sebut “jika masih ada sedikit ‘kebebasan untuk menalar’ kiranya kita masih bisa bertukar pikiran”. Walah, maaf aja. Pikiran saya tak akan saya tukar dgn pemikiran amburadul yang anda tawarkan..

    Reply
  23. fahrie

    Piiis…piiis, betewe eniwei saya mah sependapat ma simbah, yg ga sependapat nggeh monggo.
    tapi klo menurut saya, apapun yang kita lakukan sebagai muslim harusnya ya mencari keridloan dari Allah SWT, percumah nguri2 kabudayan kalo hanya mengundang murka Allah. Harusnya juga kita patuhi segala perintah dan laranganNya, bukan anjuran nenek moyang atau leluhur, lha wong nenek moyang/ leluhur kita kan manusia biasa yang punya banyak kekurangan.
    Kesempurnaan itu hanya milik Allah. melestarikan budaya sah2 saja kalau membawa kebaikan, apalagi bisa memepermudah dan memberi nilai tambah,tapi dijaman sekarang saat semua menuntut kepraktisan dan kecepatan alangkah baiknya kita pilah dan pilih mana yang membawa manfaat dan mudlarat.
    :)

    Reply
    • Mas Fahrie Yth. Menurut pendapat anda sekarang ini bangsa Indonesia diridhoi atau dimurkai Allah karena bukti nyata menunjukkan bahwa bangsa Indonesia saat ini sedang dalam keadaan sangat terpuruk karena bencana alam terjadi dimana2, korupsi merajalela,teror bom menghantui masyarakat, banyak rakyat kecil kekurangan makan dan tidak bisa berobat waktu sakit, pejabat mementingkan dirinya sendiri,yang kuat menindas yang lemah, banyak pengangguran dari lulusan sd sampai S3 padahal kalau dilihat data statistik saat ini 90% bangsa Indonesia memeluk agama Islam yang notabene diturunkan langsung oleh Allah SWT.Tapi kenapa dahulu masa kerajaan Majapahit yang mayoritas penduduknya memeluk agama Hindu dan menjunjung tinggi budaya Jawa justru bangsa Indonesia mencapai puncak kejayaannya (bukti sejarah). Kalau begini keadaannya menurut anda mana yang dimurkai dan mana yang diridlohi Allah SWT. Tolong jawab dengan hati nurani yang bersih

      Reply
      • Pertama, definisi puncak kejayaan itu apa? Ha wong definisinya saja belum dijlentrehne sudah ngoyo woro ngalor ngidul.

        Kedua, kalimat “90% memeluk agama Islam” menjadi titik penting anda. Tak apa, begitulah jika dari awal tak menetapkan standar dan definisi. Buat kami, “memeluk” belum cukup untuk mencapai standar kejayaan yang ada dalam definisi kami.

        Ketiga, anda punya definisi, kami punya definisi. Ya sudah. Lakum diinukum waliyadiin.

        Reply
        • Lha wong sampyan niku definisi puncak kejayaan saja
          nggak tau kok mau diskusi macem2 mbah , namanya puncak
          kejayaan itu kata yang sudah umum semua orang paling
          tidak yang lulusan sd pasti tau artinya puncak kejayaan
          lha spyan kok malah nggak tau.Kalau begitu lebih baik
          spyan sekolah sd lagi saja mbah sebelum memberi nasehat
          yang menyesatkan buat orang lain.

          Reply
          • Dalam bahasa kami, Puncak kejayaan itu adalah “Membuat Kalimat Allah menjadi yang Tertinggi” (Ja’ala Kalimatullah hiyal ‘ulya). Kalau definisi kejayaan miturut sampeyan sudah bisa diraba : daerah jajahan luas, kaya raya gemah ripah loh jinawi..dlsb..dlsb. Tak beda dengan otak kapitalis yang sekarang merambah dunia.

            Pertanyaan no.1 di atas adalah kalimat retoris. Kalimat itu ditanyakan karena isi otak sampeyan perihal definisi kejayaan sudah kebaca. Tak jauh dari apa yang sekarang disebut “Matre”. Kan sudah saya bilang.. lakum diinukum waliyadiin. (Bagi kamu agama kamu, bagiku agamaku).

  24. koyone ono dhukun telu iki….
    fizzah,larasati,arek jowo…waaah bahaya….

    Reply
  25. mbah tolong sampaiin ke larasati,fizzahrah dan arek jowo untu belajar ilmu tauhid.
    Bukan dari buku tapi dari ulama tauhid juga…..
    Biar jangan banyak berfilsafat…..ntar banyak sesatnya…..

    Reply
  26. pakdhegurih

    “Simbah gak begitu tahu banyak adat-adat apa yang harus dilalui seumur hidup manusia. Namun yang sedikit simbah ketahui saja sudah cukup merepotkan manusia. Di sini simbah kutipkan sedikit.”

    yo pantes wae, mbahe ki repot…soale g menyelami kebudayaan jawa secara kaffah!, coba yen mencoba memahami secara kaffah, mungkin lebih bisa menerima opo maksud kabudayan jawa iku…

    Reply
    • Saya tidak menolak kebudayaan jawa. Coba tho sampeyan baca paragraf terakhir. kalaupun saya ataupun siapa saja belajar secara kaffah budaya jawa, saya yakin banyak yang harus dibuang justru agar budaya jawa semakin elok dan indah.

      Reply
      • kalau budaya arab yang terkandung di dalam Islam segaian atau semua dibuang kira2 tambah elok atau tidak mbah. .?

        Reply
        • Dalam islam tidak ada budaya Arab. Budaya Arab sudah dihapus oleh Islam sejak Islam turun. Budaya arab yang sudah dihapus contohnya : Judi hingga membunuh, minum arak, mengubur anak perempuan hidup-hidup, menyembah banyak tuhan hingga gandumpun dianggap tuhan, thawaf telanjang bulat di sekitar ka’bah, mengundi nasib dengan anak panah, mengundi nasib dengan burung, mewariskan istri pada anak, poligami hingga puluhan isteri, dan puluhan bahkan ratusan adat arab lainnya.

          Semua tertulis dalam tarikh dan disebut sebagai budaya Arab, sehingga saking bejatnya, mereka disebut sebagai masyarakat jahiliyah.

          Setelah islam datang, budaya2 tersebut dihapus dan diganti dengan syariat Allah yang beradab. Sedangkan budaya yang bagus, semacam : menghormati tamu, setia kawan, memegang janji, dlsb oleh Islam diteruskan dan tak dihapus.

          Cobalah fair kang. Apa yang saya tulis dari hidup ala ruwet ini dalam realita tak ada yang salah. Sampeyan saja yang keburu emosi. Saya masih cinta adat jawa macam : unggah-ungguh sopan santun, bahasa kromo inggilnya, pakaian adat yang menutup aurat, kehalusan budi bahasa ..dlsb..dlsb.. Saya dukung itu semua, dan saya masih melakukannya.

          Lha orang mbaca tulisan saya sambil emosi ya gak nangkep maksud tulisan saya keseluruhan. Ya terserah, sampeyan gak harus seperti saya, dan saya tak harus seperti sampeyan. Oke? :)

          Reply
  27. Mbakyu Ziyah

    Leres mbah…Al mukhafadzotu `ala qodiimis sholih wa akhdhu bil jadiidil ashlah.. nggih nopo mboten?

    Reply

4 Trackbacks/Pingbacks

  1. Pitutur» Blog Archive » PAMALI & KEHAMILAN 09 12 06
  2. Masih Adakah Orang Baik-baik? | Pitutur 03 04 07
  3. tempat ngoceh dan ngocoblak : Abay :: Hidup ala Ruwet :: January :: 2008 16 01 08
  4. Pitutur 3.0 | ID-JAUHARI 24 10 08

Add Your Comment